Perbedaan FAT dan NTFS

Perbedaan antara FAT dan NTFS

Jika anda menginstall windows 2000, anda pasti bingung gimana sih memilih format harddisk pada saat anda install ulang format pada harddisk FAT dan NTFS. Apa itu Fat? Dan apa itu NTFS? Untuk memilih format ini anda tidak perlu susah. Hampir pengguna windows xp pasti menggunakan format NTFS karena format NTFS lebih cepat dan juga lebih bagus, dan juga menawarkan keamanan lebih dari FAT. Untuk itu saya akan menjelaskan gimana sih memilih format harddisk yang tepat.
Format FAT terbagi dua yaitu:

FAT16
FAT32

FAT16 permulaan pada MS-DOS pada tahun 1981. pada awalnya, Sistem ini dibuat untuk mengatur file di floopy drive. Kelebiha FAT16 adalah hampir semua system operasi windows/95/98/me, linux, dan unix menggunakan format FAT16. Dan juga kekurangan dari FAT16 adalah mempunyai kapasitas yang tetap jumlah cluster dalam partisi.
FAT32 permulaan dikenal pada system windows 95 SP2. Dan juga kemampuan dari FAT32 menampung jumlah cluster yang lebih besar dalam partisi. Dan juga FAT32 memiliki kelemahan yang tidak dimiliki dari FAT16 yaitu terbatasnya system operasi yang bisa mengenal FAT32.
NTFS permulaan dikenal pertama pada windows NT merupakan file system yang jauh berbeda dari FAT. NTFS menawarkan keamanan yang jauh lebih baik. NTFS merupakan file system standar untuk Windows Xp dan apabila anda melakukan upgrade Windows biasa anda akan di tanyakan apakah anda ingin mengupgrade ke NTFS atau tetap menggunakan FAT.
jadi NTFS biasa digunakan oleh windowsNT/XP sampai ke windows 7, NTFS penggunaan format yang lebih cepat dan lebih bagus dari pada FAT. dan juga FAT format harddisk untuk sistem operasi windows/95/98/me/2000, linux, dan bahkan unix.

0 komentar:

Post a Comment