Perbedaan antara FAT32 dan NTFS

FAT32 dan NTFS adalah Nama dari File System di Harddisk. NTFS merupakan perkembangan dari FAT32. Jika mati lampu, Harddisk yang menggunakan file sistem FAT32 akan melakukan scandisk. Tapi ..

Harddisk yang menggunakan file sistem NTFS tidak mengecek. Karena NTFS mempunyai fitur yang tidak dimiliki oleh FAT32. Yaitu merecover secara otomatis. Jadi, file system NTFS itu tidak melakukan scandisk lagi. Karena sudah ter-recover secara otomatis. Terus, di NTFS bisa set Quota Disknya sedangkan di FAT32 tidak bisa. Perbedaan FAT32 atau NTFS adalah securitynya. Seandainya HDD yang baru itu di format menggunakan file system FAT32 dan di HDD tersebut ada beberapa USER misalnya User A, B dan C. Maka, User A dapat melihat file data User B atau C (via windows explorer).
Berbeda dengan NTFS, saat di Windows Explorer, user A tidak bisa melihat data User B atau C, begitu pula sebaliknya, meskipun folder user B kelihatan. Boleh di kata, NTFS ini privacynya sangat ketat. Sangat cocok untuk 1 komputer yang di pake beberapa User.

1 komentar:

Post a Comment